02 Juli 2011

Registrasi Ulang di Diploma IPB [Tahukah Anda]

Salam teman blogger...
Maaf mungkin baru kali ini bisa di postingnya, soalnya ane sibuk registrasi Diploma IPB, kuliah yg nanti saya lakoni selama 3 tahun.
Oke deh mulai saja dengan ceritanya, registrasi memang udah biasa dalam hal masuk Perguruan Tinggi, mulai dari Negeri Sampai yang swasta juga biasanya awal pertemuan kuliah itu registrasi.

Tahukah anda? Bahwa registrasi di Diploma IPB itu beda banget dari registrasi perguruan tinggi lainnya.hehe. Banyak deh yang jadi dapet pelajaran dari sebuah registrasi di Diploma IPB. Awalnya ane tenang-tenang biasa saja dan tak mengkhawatirkan registrasi tersebut. Mulai dekat dengan registrasi ane buka-buka Group Diploma IPB ternyata banyak sekali hal yang harus di persiapkan diantaranya persyaratan yang dibebankan kepada Calon Mahasiswa Diploma IPB.


Ohh, iya ane mau sekilas tentang Diploma IPB, Diploma IPB itu, sama seperti IPB S1, tetapi kita lebih mengarah ke Penambahan Skill Individu, berorganisasi dan Kewirausahaan, sedangkan yang SI itu lebih ke materi dan Teorinya. Yang di hasilkan dari Diploma IPB itu kita harus mampu mendapatkan Soft Skill dan Hard Skill, ya klo Soft skill [90%] itu lebih ke pribadi kita untuk bisa mengolah otak dan keterampilan kita dlam hal organisasi, praktek lapangan, dan bekerjasama, penampilan, prilaku, dan sopan santun. Sedangkan Hard Skill [10%], itu kita lakukan di dalam hal materi dan teori atau pengetahuan teknologi yang di butuhkan di Dunia Kerja. Sudahlah sekilas saja tentang Diploma IPB.

Lanjut kepada Registrasi Diploma IPB. Ane pada saat buka group Facebook, langsung tercengah, wahhh seketat itukahh Diploma IPB?? Langsung  ane mulai gugup dan semua persyaratan yang nanti ane bawa pas registrasi di persiapkan sematang mungkin. Bahkan penampilan kita itu di liat pada saat registrasi dari mulai pakaian, rambut, dan sopan santun (waahh,, ni mah kayak SMA lagi deh)

Oke, beres tuh semua persyaratan, jam 11 udah bersiap-siap sama temen sekosan tuk berangkat, dan pengen niatnya sih duluan [biar bisa pulang awal], ekh ternyata ga bisa juga ya udah ane langsung sama temen-teman berangkat ke Mesjid Al-Ghiffari IPB [emang pada saat itu adalah hari Jum’at dan kita mau sholat jumatan dulu]

Khutbah ke-2 mulai selesai [khutbah ke-1 lama bangett jadi ngantuk nih], kita langsung sholat dan cepet-cepet setelah sholat kita beranjak lagi ke kampus tuk dapat nomor Antrian. Nah disinlah mulai tahapan-tahapan registrasi Diploma IPB, ane masuk jam 2-an [saat itu ane gugup karena ane pake baju daleman kaos, katanya kalo pake baju daleman kaos itu ga boleh, katanya ga sopan, mulai lagi gugup dan ane pergi ke wC buat benerin tuh kaos biar ga keliatan]. Ane mulai di panggil dan inilah Tahap demi tahap Registrasinya :
1.   Pengabsenan [disini dilihat persyaratan tahap pertama]
2.   Pengambilan berkas-berkas yg dulu pas pendaftaran ke Diploma IPB
3.   Masuk ke ruangan tuk cek persyaratan tahap dua, dan di kasih Kartu Mahasiswa Sementara
      Tahap sini mulai agak gugup tuh soalnya raport,ijazah dan lainnya di periksa dan di perlihatkan kepada kita, kadang-kadang si pemeriksa itu nanya-nanya soal nilai tersebut, bahkan teman juga da yg di tanya “wahh nilainya besar, coba kita tes apa rumus ini,atw ini?” wahh segaala di tanya deh”. Tapi alhamdulillah ane ga di tanya apa-apa, malah ane yang nanya-nanya ke pemeriksa itu.haha. malah terbalik ya.
4.   Mencap Kartu Mahasiswa Sementara ke ruangan sebelah
5.   Mengantri untuk mengukur baju Almamater
6.   Foto untuk Kartu Mahasiswa yang asli
      Disini nih ane mulai agak di mainin, pada saat makai almamater IPB, wah ane seneng, dan pngen langsung di pake, eh pada saat di difoto [difotonya pake almamater] ternyata logo IPBnya itu harusnya di kanan sedangkan almamater ane di kiri, balik lagi ke teteh yang ngasih, akhirnya bisa di pake. Mulai lega dan bangga pake jas IPB, saat keluar ruangan tersebut, di minta untuk kembaliin lagi soalnya itu hanya dipinjem, katanya yang asli nanti udah Matrikulasi atau saat matrikulasi. Ya udah deh ane buka lagi [udah bangga-bangganya pake almamater itu]
7.  Persyaratan Cek Bank yang udah di kirim.
     Disini cek untuk bayaran kita apakah udah terkirim atau tidak.
8.  Pengisian Formulir Bank yang nanti dijadikan tempat pembayaran kuliahan
     Nah disini yang paling ngeribetin buat ane, soalnya si ibu itu nyuruh ane fotokopi Kartu Mahasiswa Sementara, tau khan ini lantai 2 dan foto kopian itu di bawah dan di luar kampus. Ane bingung mau gimana, ya sudahlah langsung turun dan menuju ke fotokopian yang da di luar kampus.
9.  Seminar Tatatertib, Narkoba dan NII
     Disini ane udah mulai pusing dan ngantuk soalnya pada saat itu jam menunjukkan pukul 18.00 dan ane belum sholat Ashar karena terburu oleh waktu.
10.Tes Kesehatan, terdiri dari :
     a. Tes Urine
     Ini yang ane paling geli, soalnya kita ngejajar panjang di WC untuk ngumpulin air kencing kita, kebetulan  deh ane emang pengen kencing dari tadi pas masuk registrasi.gkgk
     b. Tes Darah
     c. Tes Tekanan
11.Cek oleh Dokter

Begitulah tahapan registrasi Diploma IPB, sangat capek sekali tapi seru bisa punya temen yg banyak banget. Kita bisa sambil kenalan. Ane sekarang ga main sama temen-temen se-Tasikmalaya tapi kita punya temen Se-Indonesia.. Seru berbagai macam orang ada disini dan berbagai bahasa kita bersatu.

Udah dulu akh, begitualah registrasinya, capek banget ane pulang jam 18.30, disana ane langsung tidur sejenak di kosan dan sholat Magrib.

10 komentar:

  1. Registrasi = kesan pertama masuk kuliahan

    Selamat jadi mahasiswa, jalani dengan senang hati. hehe.. ^^

    BalasHapus
  2. Iya benar sekali a yopi kesan pertama masuk kuliahan..hehe.. Makasih ka..heh

    BalasHapus
  3. pembayaran biaya pendataran ulang boleh pake atm gga???

    BalasHapus
  4. bisa pakai atm juga asalkan tanda buktinya nanti di lampirkan..

    BalasHapus
  5. soal-soal d3 ipb gimana?

    BalasHapus
  6. kak persyaratan buat daftar ulang d3 IPB apa aja sih? q nyari ndek web nya IPB kok ngga ada . . .
    tolong kasih tau ya kak . . . please. seingat kakak aja deh . . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di website diploma.ipb.ac.id ya

      Hapus
  7. Maaf kak mo nanya.. soal tes tulis diploma ipb kyak gimana yah kak? Apa lebih sulit dr tes tulis sbmptn? Katanya hampir mirip kyak UN ya kak (?) Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hampir sama kayak UN aja gampang kok.. ;)

      Hapus
  8. Maaf kak mo nanya.. soal tes tulis diploma ipb kyak gimana yah kak? Apa lebih sulit dr tes tulis sbmptn? Katanya hampir mirip kyak UN ya kak (?) Makasih..

    BalasHapus