03 Juni 2015

Visibility of System Status - lipi.go.id

Visibility of System Status adalah prinsip yang menganalisa sebuah desain antarmuka harus memberikan informasi kepada pengguna mengenai kejelasan keberadaan pengguna (sedang berada dimana) dan pengguna dapat melihat fungsi apa saja yang terdapat dalam sistem serta dapat digunakan sebagai respon dari setiap perintah yang dilakukan pengguna (feedback).

Halaman Utama
Gambar 1. Halaman Utama lipi.go.id

Pada tahapan ini saya menelusuri halaman beranda terlebih dahulu karena dari suatu web yang paling utama dan pertama kali ditampilkan yaitu halaman utama dan identitas dari web tersebut. Pada halaman web lipi.go.id telah menunjukkan bahwa situs tersebut adalah situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Hal ini terlihat dari judul dan logo yang tertera pada kiri pojok atas dari website tersebut.

Kesan pertama saya melihat website lipi.go.id terlihat gemuk informasi yang diberikan seperti berita-berita terkait penelitian, link website yang terkait penelitian di berbagai bidang. Dari segi desain website lipi.go.id memang sederhana dan jadul. Jadul disini terlihat desain yang dibuat memang sudah style lama. Desain yang kurang menarik dan tidak responsive. Dalam hal ini jika diakses pada smartphone atau tablet, ukuran dari website tersebut tidak menyesuaikan dengan layar smartphone atau tablet tersebut.

Navigasi

Gambar 2. Menu Utama lipi.go.id
Menu merupakan navigasi utama dalam suatu website, terlihat pada website lipi.go.id ini menu yang ditampilkan sangat banyak. Dalam evaluasi ini saya membagi menu tersebut dibagi menjadi 2, menu Utama yaitu Beranda LIPI, Wakil Kepala, dan lain-lain. Menu Link Terkait yaitu Akreditasi Jurnal, Fungsi Peneliti, dan lain-lain.


Gambar 3. Menu Utama lipi.go.id
Masalah : 

Menu Utama biasanya memberikan informasi link yang mengalihkan halaman yang mengandung informasi yang paling utama dari dari suatu website. Dan menurut saya penyusunan menu Utama pun kurang baik, karena menu merupakan representasi dari isi halaman yang nantinya merujuk ke suatu informasi yang bisa disajikan.

Gambar 4. Menu Link Terkait lipi.go.id
Menu Link Terkait pada website lipi.go.id ini memberikan link yang nantinya mengarah ke website lain yang memiliki fungsi tertentu seperti Menu Indikator mengalihkan ke link http://indikator.lipi.go.id/. Menurut saya link terkait ini tidak terlalu tertata dengan baik karena penyusunannya pun tidak berdasarkan abjad dan menu ini kecil sekali sehingga kadang user meng-klik yang disebelahnya.

Gambar 5. Halaman Mengenal LIPI lipi.go.id

Masalah juga terjadi pada saat kita melakukan klik ke halaman yang ada di menu utama, seperti menu profil maka disana tidak ada yang menandai bahwa user sudah pada halaman mana, dan user lagi ada dimana. dan penataan artikelnya pun tidak merata seperti judul terlalu atas dan paragraf yang ada di sebelah rata kiri itu terlalu dekat dengan garis konten website.

Solusi :
Menu utama seharusnya disusun ulang sehingga sesuai dengan abjad seperti pada menu utama Ilmu Pengetahuan Kebumian, sub menu dropdown yang ada di menu tersebut disusun berdasarkan abjad, karena user biasanya mencari menu yang panjang seperti ini akan melihat paling utama urutan berdasarkan abjad.

Menu Link terkait juga seharusnya disusun berdasarkan abjad agar user mudah untuk mencari informasinya dan coba diperbesar menu untuk link terkait karena menurut saya itu terlalu kecil dan saling bersinggungan dengan menu yg lain sehingga user kadang mengklik yg berbeda menu.

Ada penanda yang memberikan informasi navigasi dan letak posisi suatu halaman biasanya kita sebut dengan Breadcrumbs, sehingga user tahu posisi sedang pada menu dan halaman yang sedang ditampilkan. Atau ada penambahan menu biasanya jika suatu website sudah memiliki banyak menu yang kompleks terdapat banyak sub menu, maka navigasi yang paling sering ditampilkan yaitu sitemap, sitemap adalah salah satu alat bantu untuk user yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website.

Pencarian

Gambar 6. Pencarian pada lipi.go.id
Pencarian dalam suatu website memang sudah lumrah dan biasa diterapkan agar user yang ingin mencari sesuatu tidak perlu mengekplorasi secara keseluruhan jadi cukup dengan mengetikkan keyword yang ingin dicari dan akan menghasilkan keluaran yang sesuai dengan harapan user.

Masalah :
Pada fungsi pencarian website lipi.go.id memang fungsi tersebut berjalan dengan baik, tetapi keyword yang dimasukkan itu tidak ditampilkan pada hasil pencarian, yang ditampilkan pada hasil pencarian tersebut hanya judul dan link yang menuju pada konten yang terdapat keyword tersebut.

Solusi :
Maka pada fungsi pencarian tersebut harus diperlihatkan hasil keyword pencarian yang berada pada konten-konten halaman yang mengandung keyword tersebut. Seperti halnya pencarian google, user lebih mengetahui judul dan setelah itu ringkasan konten yang mengandung keyword yang dicari.

Severity Rating / Peringkat keparahan : merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4 :
0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
4 : Penting untuk diperbaiki sebelum produk di release

Severity rating / peringkat keparahan untuk beberapa permasalahan ini adalah : 3

2 komentar:

  1. Wah kontennya sangat padat ya, hal ini akan sanagat membingungkan bagi pengguna baru. Pada menu pembantu yaitu menu pencarian pun saya masih bingung mendapatkan informasinya.

    BalasHapus
  2. setuju gan, mantap. sangat membatu sekali informasinya (y)

    BalasHapus