04 Juni 2015

Consistency And Standards - lipi.go.id

Consistency and Standards adalah prinsip heuristic evaluation yang berkaitan dengan menjaga pengguna agar tidak menebak-nebak sendiri apa yang akan diproses oleh sistem. seluruh kata-kata, menu, bahasa dan lain-lain pada sistem haruslah dapat dimengerti oleh pengguna dengan standar tertentu.

Masalah :
Konsistensi suatu web terhadap seluruh kata-kata, menu dan lainnya memang harus diperhatikan agar user tidak terjebak pada suatu kebingungan yang berkepanjangan. Website lipi.go.id memang memiliki menu yang banyak, sehingga navigasi menu pun terlihat rapih tetapi tidak konsiten terhadap huruf kapital atau tidak.

Gambar 1. Tampilan Menu yang tidak konsisten

Lihat pada gambar 1. menu beranda lipi menggunakan kapital semuanya tetapi menu utama yang sejajar dengan menu beranda tersebut tidak menggunakan kapital ini menandakan ketidakkonsistenan menu terhadap huruf yang kapital atau tidak.

Gambar 2 Tampilan Samping Berita Pers dan Pengumuman
 Begitu juga pada bagian samping kanan yang memberikan informasi Siaran Pers dan Pengumuman, Judul dari artikelnya menggunakan huruf kapital tetapi pada kenyataanya judul yang ada pada artikel tersebut tidak kapital sehingga tidak konsisten terhadap huruf.

Solusi:
Menurut saya jika menu utama yang ditampilkan di website lipi.go.id tersebut tersusun dengan baik dan menggunakan kata yang konsisten seperti Beranda LIPI diubah tidak kapital semua menjadi Beranda saja. karena website ini sudah menunjukkan nama LIPI di header jadi dalam menu tidak perlu dicantumkan lagi nama LIPI tersebut.

Dan huruf kapital pada samping kanan yang memberikan informasi Sisaran Pers dan Pengumuman, sebaiknya diubah menjadi huruf kecil saja tidak perlu menggunakan huruf kapital, sehingga terlihat seragam dengan menu, artikel dan judul artikel.

Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum product di release
Severity rating / peringkat keparahan untuk beberapa permasalahan ini adalah :2

1 komentar:

  1. Dalam penggunaan bahasa juga sepertinya belum konsisten ya, lebih baik gunakan satu bahasa saja agar lebih udah dimengerti

    BalasHapus