20 Februari 2015

Tampilan Flat Xiaomi MIUI

Siapa yang tidak kenal dengan Xiaomi, Vendor Smartphone asal China ini, yang dulu dikenal dengan OS MIUI dan banyak yang menggunakannya di berbagai Smartphone Android khususnya yg Custom ROM. OS MIUI merupakan dasar dari OS Android ini memiliki tampilan yang unik dan berbeda dari tampilan Android hal layak karena MIUI ini di desain dengan tampilan yang menarik hampir mirip dengan IOS dari Apple Inc.


Dari segi tampilan memang mirip sekali dengan berbagai warna dan variasi sehingga terlihat berwarna warni dan terlihat lebih menarik dibandingan OS Android yang original dari Google. Tampilan yang diberikan Xiaomi MIUI ini sangat tertata sekali dari ikon-ikon yang menari dan menata warna yang cenderung flat seperti Apple.

Berikut ini beberapa ulasan tentang tampilan MIUI Xiaomi.

HOME SCREEN
Di layar utama (Home screen), kesan rapi dan sederhana sudah muncul dengan ikon-ikon flatnya. Xiaomi juga mengoptimalkan antarmukanya ini untuk pengguna dengan layar yang besar. Ikon-ikon shortcut aplikasi yang sama bisa disatukan, tool quick search juga disediakan.
Dukungan terhadap kontrol gestur juga tetap dimiliki di layar utama ini. Pengguna bisa mengakses Notification Center dari layar mana pun, termasuk lock screen, hanya dengan menyapukan jari di layar. Begitu juga untuk panel Search.
Di layar home screen ini, pengguna bisa memodifikasinya dengan widget atau wallpaper sesuai keinginan.
Selain itu, desain baru diperkenalkan untuk beberapa tools, seperti Calendar, Calculator, Weather, Compass, Clock, dan sebagainya.

Tampilan Home Screen

CONTACT
Untuk halaman Contact dan Dial Pad, fungsi dasar ini dalam MIUI 6 dilengkapi juga dengan fungsi identifikasi, menandai, atau memblokir panggilan telepon yang tidak diinginkan, dengan pilihan yang lebih mendetil. 
Tampilan Contact


BROWSER

Seperti layaknya Google Chrome, browser bawaan MIUI 6 juga bisa disinkronisasi dengan MIUI Browser lainnya. Dengan demikian, pengguna bisa melanjutkan aktivitas browsing-nya dari Mi Pad ke smartphone, atau sebaliknya. Memang semua produknya ini dibuat sama seperti Apple di Iphone dengan browser Safarinya.


Tampilan Browser


KAMERA DAN GALERI
Kamera dan galeri mungkin juga menjadi aplikasi yang banyak dipakai pengguna smartphone Xiaomi. Untuk ranah ini, tampilan antarmuka kamera dan galeri MIUI 6 tak jauh berbeda dari aplikasi bawaan Android 4.4 KitKat, dimana menu-menu kameranya ditampilkan di layar transparan. Dari transparan tersebut dapat dilihat keeleganan tampilan yang dibuat oleh smartphone Xiaomi ini.

Tampilan Kamera dan Galeri


E-MAIL
Di bagian e-mail, Xiaomi mendesain aplikasi Mail sehingga kini pengguna bisa melihat e-mail yang baru masuk dengan cepat dan mudah.

Semua e-mail dengan subyek yang sama juga akan dikelompokkan menjadi satu. Dengan demikian, pengguna bisa memilih e-mail yang ingin dibaca terlebih dahulu dengan mudah.
Terdapat juga daftar attachment e-mail yang bisa dipakai untuk melihat dan menyimpan lampiran e-mail secara langsung.
Xiaomi mengklaim aplikasi Mail buatannya telah mendukung ratusan jenis akun e-mail. Settingnya juga mudah, pengguna cukup memasukkan alamat e-mail dan password-nya untuk mulai menggunakannya.

Setalah melihat informasi yang dikemukakan maka tampilan Xiaomi MIUI 6 ini mirip sekali dengan besutan OS Apple yaitu IOS 7 atau 8. Tampilan yang mengusung tema flat memang sedang diminati oleh banyak orang. Dari tampilan-tampilan tersebut bisa dilihat juga video yang menjelaskan Xiaomi MIUI 6 dibawah ini.

2 komentar:

  1. Keren lah untuk tampilannya 8-)
    tp kualitas ga tau bagus apa engga tuh, yang sekali jatuh langsung rusak atau gimana

    BalasHapus
  2. Desainnya keren dengan interface Apple KW Cina ya haha siap2 nabung deh :D

    BalasHapus