12 November 2012

Apa yang Harus Kita Perbuat untuk Indonesia?

#AksiIndonesiaku - Sering kali terlintas di pikiran kita, apa sih gunanya negara kalo kita hidup ya gini-gini aja. Eits,jangan mikir gitu lho. Ingatlah kutipan dari John. F. Kennedy, “Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu, tapi tanyakanlah apa yang telah kamu berikan untuk negara.”. Nah, cukup cleb kan?



So, apa yang sebenarnya harus kita lakukan? Ada beberapa contoh hal yang bisa membuat Indonesia lebih baik. Jangan jauh-jauh, cobalah hal yang kecil dahulu. Cekidot uraiannya,
1.    Jujur.
Keliatannya simpel ya jujur. Tapi jangan salah, dari perbuatan sesimpel ini dapat menghasilkan perubahan yang luar biasa. Jika orang-orang Indonesia khususnya generasi muda Indonesia menjunjung tinggi kejujuran, kedepannya pasti akan tercipta pemerintah yang bersih dan peduli dengan rakyat. Cobalah dengan tidak menyontek pada saat ulangan, sehingga terbiasa hidup jujur.

2.    Hemat.
Diawali dengan hidup hemat pada diri sendiri, akan terbawa pada tindakan yang berhubungan dengan kelompok. Kalau seandainya kita nanti menjadi menteri keuangan Indonesia, kan enak kita bisa pintar-pintar mengatur uang negara. Pastinya gak akan terjadi tuh ngutang sana-sini.

3.    Belajar dan bekerja giat.
Ini berlaku bagi semua kalangan masyarakat. Kenapa harus giat? Gunanya giat tuh bakal kerasa sendiri, dan juga dengan  giat akan melahirkan prestasi. Dengan begitu, kita sebagai orang Indonesia membuktikan bahwa kita gak kalah sama bangsa lain. Dan mampu bersaing dengan skill yang kompeten.

4.    Menyerap globalisasi dengan cermat.
Ini nih yang  penting buat para anak muda Indonesia. Kebanyakan dari kita terpengaruhi budaya lain yang gak ada gunanya. Contohnya sifat konsumtif, individualis, dan anarkis. Mulai dari sekarang, stop deh tawuran, itu kan bukan budaya kita.

5.    Go Green.
Kalau Indonesia kotor, banyak limbah yang bau, gak terurus lingkungannya, apa bisa menjadi negara maju? Tidak. Mulai dari diri sendiri aja, kayak buang sampah pada tempatnya, dan kurangi limbah plastik, gunakan piring untuk makan, jangan kebanyakan pakai plastik dan styrofoam. Minimal kita bisa tunjukkan kepada dunia, bahwa orang-orang Indonesia berwawasan lingkungan.

Ayo anak muda Indonesia, tunjukkan aksimu untuk melakukan “sesuatu” buat negara kita tercinta ini. Kalau kita terus bertanya-tanya dan menghitung-hitung kebaikan negara buat kita, kapan kita bersyukurnya?




#AksiIndonesiaku | www.lintas.me | Social Sharing Curation

(by : fiar)

1 komentar:

  1. Disiplin. innovasi.. kerja kuat.. bersatu..hormat menghormati walau apa bangsa dan dimana..pasti dunia aman sejahtera

    BalasHapus