01 Agustus 2010

Pola Makan Sehat Saat Puasa

Salam teman blogger..
Gak kerasa nihhh mau masuk ke bulan Ramadhan lagi. Kita pun harus siap untuk melaksanakan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, ya kewajiban kita PUASA sebulan penuh. Memang sih, perlu adaptasi terlebih dahulu dari kegiatan biasanya doyan makan sehari-harinya menjadi libur makan cemilann. Nah, disini san da tips nih biar puasa kita tetap bisa berjalan dengan lancar dan baik..

Ada sejumlah aturan yang harus diperhatikan agar badan tetap segar pada waktu berpuasa.
1.Makanlah secata teratur saat buka puasa dan sahur dengan menu seimbang. Makanan itu sebaiknya terdiri dari karbohidrat 50-60 persen, lemak 20-25 persen, cukup vitamin dan mineral dari sayur dan buah. Selain itu, cukup serat dari sayuran untuk memperlancar buang air besar.

2.Jangan lupa minum cukup cairan. Minumlah kurang lebih 7-8 gelas sehari, teridri dari 3 gelas waktu sahur dan 5 gelas dari buka sampai sebelum tidur.

3.Pembagian makan adalah 50 persen untuk buka, 10 persen setelah solat tarawih, 40 persen pada waktu sahur.

4.Menu yang dipilih pada waktu buka terdiri dari makanan pembuka berupa minuman atau makanan manis, seperti kolak pisang, kurma, atau teh manis. Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah. Setelah salah magrib, konsumsilah makanan pelengkap yang terdiri dari: nasi atau pengganti nasi, ayam/ikan/daging, tahu/tempe, sayuran dan buah.

5.Boleh makan camilan berupa roti atau buah setelah salat tarawih. Makan sahur harus dipentingkan karena sahur yang baik membuat puasa tidak terasa berat.

6.Hidangan sahur seperti waktu berbuka puasa, namun usahakan prsinya lebih kecil. Pilih makanan dengan kadar protein tinggi agar tinggal di lambung lebih lama.

7.Tambahkan segelas susu saat makan sahur, terutama bagi anak-anak dan remaja. Orang dewasa dapatminum susu tanpa lemak. Suplemen multivitamin dan mineral boleh dikonsumsi pada waktu sahur agar meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

8.Pada saat terlelap menjelang waktu imsak sehingga tidak sempat menyiapkan makanan, cukupnasi plus telur ceplok atau dadar telur plus tahu/tempe danpisang dan air minum secukupnya.

9.Memang akan terjadi stres fisik pada minggu-minggu pertama melakukan puasa seperti rasa lelah, pusing. Terimalah itu secara wajar dan berkerjalah secara wajarsesuai kemampuan tubuh pada saat puasa karena tuhuh akan melakukan penyesuaian atau adaptasi.

10.Bagi anda yang menderita sakit dan puasa akan memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh. Konsultasilah dengan dokter apakah boleh puasa atau tidak. Sebab agama (islam) memberikan keringanan kepada mereka untuk tidak berpuasa dengan melakukan fidyah atau amalan lainnya pada saat bulan Ramadhan. Selamat mencoba dan Selamat berpuasa.

0 komentar:

Posting Komentar