25 Desember 2009

Khasiat Alpukat

Sebagai salah satu jenis buah-buahan yang memiliki ciri khas, buah alpukat tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Cita rasanya yang khas pun kerap kita kecap saat kita menikmati es campur. Namun, bisa jadi belum banyak orang mengetahui buah yang daginya berwarnya hijau itu memiliki khasiat yang berguna bagi pengobatan maunpun pencegahan penyakit. Telah sejak lama para ahli dunia pengobatan tradisional meyakini bahwa buah alpukat kaya kandungan nutrisi dan vitamin. Bahkan para ahli berpendapat hampir seluruh bagian pada tumbuhan alpukat memiliki khasiat medik. Seperti daging buah, daun, biji bahkan akar tumbuhannya pun dapat dimanfaatkan sebagai obat.
Daging buah alpukat dipercara mampu mengatasi penyakit sariawan dan melembabkan kulit kering. Daun alpukat berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung. Sementara biji alpukat sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi dan penyakit kencing manis atau diabetes melitus.
Berikut ini adalah cara memanfaatkan atau cara membuat ramuan pengobatan tradisional yang menggunakan alpukat.
1. Sariawan
Selain mengonsumsi tablet isap vitamin C, tidak ada salahnya mencoba khasiat alpukat untuk mengatasi penyakit yang juga dikenal dengan istilah “barusuh” itu. Caranya, 1 buah alpukat yang sudah masak diambil dagingnya. Kemudian tambahkan 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dikonsumsi. Laukan setiap hari sampai menyakit sariawan tersebut sembuh.
2. kencing batu
caranya, ambil 4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau. Semua bahan itu kemudian dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x ¾ gelas.
3. Darah tinggi
Darah tinggi atau hypertensi memang termasuk salah satu penyakit yang tergolong berbahaya. Namun tidak usah cemas, metode pengobatannya pun relatif praktis yaitu, ambillah 3 lembar daun alpukat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, lakukan sampia tekanan darah anda berkurang
4. kulit wajah kering
satu buah alpukat diambil isinya lalu dilumatkan sampai seperti bubur. Lansa digunakan sebagai masker, dengan cara memoleskannya pada kulit wajah yang kering. Kemudian wajah dibasuh dengan air setelah lapisan masker alpuket tersebut mengering.
5. sakit gigi berlubang
untuk mengobati sakit gigi caranya cukup mudah, yaitu dnegan cara memasukkan bubuk biji alpukat yang telah kering kedalam gigi yang berlubang.
6. kencing manis
untuk mengobati kencing manis, caranya ambil satu biji alpukat. Kemudian dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok. Lantas direbuts dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Setelah disaring, minum ramuan itu dalam keadaan dingin. Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. Terimakasih sudah berkenan memberikan ruang untuk saya mendapatkan informasi di blog ini dan ijinkan saya untuk meninggalkan jejak dimari, salam hormat obat darah tinggi

    BalasHapus