25 Desember 2009

Kelapa Kaya Manfaat


Tidak salah jika tumbuhan kepala dikatakan sebagai tumbuhan kaya manfaat. Hampir semua bagian dari buah pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Sebut saja santan dari kelapa, gula dari kelapa, bungkus ketupat dari daun kelapa, kerajinan dari batok kelapa serta segunang aneka bentuk pemanfaatan lainnya.
Begitu pula dalam dua pengobatan tradisional, telah sejak lama buah kelapa dinilai memiliki segudang khasiat alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Sebagai contoh ringan dan telah lama populer di masyarakat, air kelapa hijau dipercaya mampu mengobati gejala keracunan makanan.
Hal tersebut memang beralasan, karena menurut hasil penelitian kandungan zat pada air kelapa hijau terbukti mampu menetrailsasi racun yang beraksi dalam organ pencernaan.
Berikut ini resep-resep metoda pengobatan tradisional lainnya yang menggunakan buah kelapa sebagai bahan dasar.
 

Sakit panas dalam
Bahan: 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Cara membuat: buah kelapa dilubagi ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan ddibuang kulitnya, kemudian dimasukkan ke dalam buah kelapa tersebut.
Cara menggunakan: lakukan hal tersebut pada pagi hari, kemudian diminum pada siang hari.
 

Demam berdarah
Bahan: 1 butir buah kelapa dan 1 burit jeruk nipis. Cara membuat: buah kelapa dilubangi ujungnya, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian air jeruk nipis dimasukkkan ke dalam buah kelapa dan diaduk sampai merata. Cara menggunakan: 2 kali sehari, pagi dan sore.
 

Influenza
Bahan: ¼ butir buah kelapa dan 1 rimping kencur sebesar ibu jari: cara membuat: buah kelapa dan kencur dipart, kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata, ditambah 1 gelas air masak dan dipersa untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

0 komentar:

Posting Komentar