07 Juni 2015

Aesthetic and Minimalist Design - lipi.go.id

Aesthetic and Minimalist Design adalah keindahan dalam konten yang ditampilkan pada website secara relevan dan tidak terlalu rumit, melakukan desan minimalis dengan tidak menghilangkan makna penting. Desain yang sederhana menjadikan nilai tambah dalam sebuah website. Seiring perkembangan teknologi, desain website yang baik itu bisa diakses oleh berbagai perangkat mengingat akses internet sudah bisa digunakan di berbagai perangkat seperti laptop, tablet, smartphone, dan lain-lain.

Sehingga jika WebApps yang bisa diakses pada perangkat apa saja dengan desain yang menyesuaikan sering kita sebut dengan desain responsive website. Maksud dari responsive website memang luas tetapi dari segi desain penataan konten yang ada pada website menyesuaikan layar dari perangkat yang dipakai.

Masalah :
Pada website lipi.go.id, desain memang tidak terlalu menarik karena full text dan menggunakan tampilan seperti tampilan website lama atau jadul. Bisa dilihat pada website lipi.go.id ini memang warna utama yaitu biru muda, tetapi ada yang paling tidak enak untuk dilihat keserasian antara warna biru muda dengan warna merah yang digunakan pada slogan website yaitu PASTI BISA. Dan juga pada tampilan pinggir kanan yaitu widget dan juga tampilan warna pada agenda, waktu realtime.

Gambar 1 Tampilan Warna yang tidak sesuai dengan tema

Satu hal lagi pada website lipi.go.id yaitu desain yang tidak responsive sehingga jika diakses oleh smartphone yang memiliki layar kecil, tampilan website ini terlihat kecil dan desain website tersebut tidak menyesuaikan pada ukuran layar suatu smartphone.

Solusi :
Penanganan terhadap website lipi.go.id ini harus segera dilakukan perbaikan seperti tampilan LIPI pasti dan warna yang menyesuaikan dengan warna utama yaitu dasarnya warna biru. Lalu pada desain lipi.go.id sebaiknya ada perubahan template desain sehingga lebih fresh lagi karena tampilan yang monoton dan kolot juga bisa mengakibatkan ketertarikan user terhadap website tersebut.

Severity Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum product di release
Severity rating / peringkat keparahan untuk beberapa permasalahan ini adalah : 4

5 komentar:

  1. Pada menu header lipi.go.id juga kaya.a terlalu banyak juga tuh menunya, bakal lebih enak jika developernya membagi menu tsb menjadi beberapa kelompok dgn menggunakan drodown.

    BalasHapus
  2. Pada menu bar karna banyak sekali, mungkin dapat di buat sub bab dengan pengklasifikasian agar terlihat tebih tetertata rapi.

    BalasHapus
  3. Terlalu banyak menu sehingga halaman terlihat penuh dan terkesan kurang rapi. sebaiknya dikurangi agar terlihat lebih simple dan komunikatif.

    BalasHapus
  4. desainnya terlalu monoton, terlihat ramai dan padat. sebaiknya dibuat lebih dinamik

    BalasHapus
  5. Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

    BalasHapus