12 Februari 2012

Komputer Kecil $25


Salam teman blogger..
Inilah komputer terkecil dengan harga hanya 25 dolar.. Unik banget deh ini komputernya sesuai dengan bentuknya yg kecil nah spesifikasinya pun kecil. Lumayanlah.. Namanya Raspberry Pi, komputer seharga 25 dolar yang menggunakan Linux, akhirnya diproduksi dan unit pertama akan tersedia di akhir bulan Januari ini, saya menyebutnya “komputer 25 dolar” karena sudah banyak yang tahu tentang Raspberry Pi.



Yang sedang diproduksi sekarang adalah Model B yang seharga 35 dolar, model A akan menyusul kemudianUntuk anda yang tidak tahu apa itu Raspberry Pi (komputer 25 dolar), adalah komputer berukuran kartu kredit yang dibuat oleh yayasan amal bernama “Raspberry Pi Foundation” dimana awalnya akan menggunakan Ubuntu sebagai OS-nya. Namun dikarenakan banyaknya issue/masalah di rilis Ubuntu terbaru, Raspberry Pi akan menggunakan Debian, Fedora atau ArchLinux.


Raspberry Pi dilengkapi dengan port USB dan HDMI, jadi anda tinggal colok ke TV atau perangkat lain yang mempunyai soket HDMI, colok keyboard ke port USB dan rasakan sistem yang sudah dikonfigurasi penuh.
Spesifikasi sistemnya sbb:



CPU ARM1176JZF-S 700 MHz
Storage capacity SD Card Slot (SD or SDHC card)
Memory    : 128 (Model A) or 256 MiB (Model B)
Graphics  : Broadcom VideoCore IV, OpenGL ES 2.0 , 1080p30 H.264 high-profile decode
Model B dilengkapi dengan Ethernet controller, Model A tidak dilengkapi namun masih bisa konek ke jaringan  menggunakan USB Ethernet atau USB Wi-Fi.

1 komentar: