27 Mei 2011

Cara Cari kosan di Bogor

Salam teman blogger..
Kemarn-kemarin saya pergi ke tanah Bogor tuk mencari Kosan. Maklum saya insya Alloh akan melanjutkan perjalanan belajar saya di kota Bersih dan asri ini. Pertama kali liat kota Bogor memang beda dari kota yg lain. Biasanya kota lain di penuhi dengan bangunan yg menjulang tinggi ke atas dan megah. Nah kalo di Bogor itu berbeda, menurut saya kota Bogor tuh kota yg Asri dan Masih sejuk dengan pepohonan di sepanjang jalan. Makanya saya memutuskan untuk kuliah di kota Bogor. Seiring dengan kota Bogor yang asri, pasti ada kekurangannya dari kota tersebut yaitu kota yang banyak Angkott. Ya benerlah, saat liat aja di sepanjang jalan saya liat trayek angkot di kota Bogor itu bisa mencapai 052 lebih.. waww banyak sekali. Saat siang pun pasti semua di sepanjang jalan itu ada angkot. Begitulah kota Bogor yang asri tetapi banyak angkot sehingga dijuluki Kota Angkot. Macet deh akhirnya.


Baiklah langsung ja, itus hanya sebagai perkenalan aja. Menurut saya yg sudah dapet kosan di Bogor, cara-cara cari kosan di Bogor itu seperti berikut :
  1. Kenali dulu wilayah tersebut, usahakan anda mencari kosan itu di deket Kampus IPB atw di dekat Kampus anda yang akan kuliah di sana.
  2. Sesuai dengan pepatah "malu bertanya sesat di jalan" disini kita belajar untuk terus bertanya di sepanjang jalan. Malahan bagi anda yang masih awam terhadap kota Bogor "bertanya" itu wajib anda lakukan.
  3. Usahakan anda bertanya pada seseorang yang memang sudah tau dimana tempat-tempat kosan itu berada. seperti ke Alumni temen-temen anda, keluarga anda yg da di bogor atw langsung saja kepada kepala Warga setempat Rt,Rw, atw kelurahan.
  4. Kalau anda memang tidak bisa, langsung saja tanya pada warga mungkin nanti di tunjukkan dimana kosan berada.
  5. Setelah ada tepat kossan, anda jangan langsung terima disana, lihatlah beberapa kosan yang lain mungkin untuk pembanding dri kosan yang tadi.
  6. Lihatlah tempat kosan tersebut dengan teliti jangan sampai anda kecewa pada saat nanti di tempati
  7. Biasanya tempat kosan itu ada 2 macam,ada yang full bayar dengan fasilitas yg memadai diantranya, listrik, air, kasur, lemari sudah tersedia. Dan ada satu lagi tempat kosan yang kosong itu sama halnya kita harus membeli segala perabotan yang nanti digunakan.
  8. Kalau udah dapet usahakan anda harus bisa keluarkan ilmu tawar-menawar. Maklum kita khan manusia sosial dan ekonomi jadi tawar-menawar itu wajib kita lakukan untuk mendapat kesepahamn antara si pembeli dan penjual.
  9. Perhatian! Menurut survei yang sudah saya tanya-tanya, banyak wilayah kosan yang istilahnya tidak aman. Diantaranya banyak pencurian barang, tempatnya ramai pengunjung, dll. Usahakan tanya-tnya daerah itu aman dan tentram.
  10. Kalau kalian tahu, biasanya tempat itu punya istilahnya "penjaga wilayah" bukan preman. Nah anda tanya dulu atau minta bantuan kepadanya.
  11. Menurut survei saya juga, biaya perkosan berkisat antara 3 - 6 juta per tahunnya. Kalau kalian pengen kontrak rumah, pencarian ini lumayan susah klo di deket kampus, paling agak jauh dari sana.
  12. Pilihlah sesuai dengan hati nurani anda dan jangan lupa perhatikan badget yang orang tua kasih kepda kita.
Terimakasih, mudah-mudahan bermanfaat.hehe

2 komentar: