31 Januari 2010

Mencegah kanker Prostat

Memasuki usia 50 tahun, kaum pria kerap mendapat gangguan kanker prostate. Jangan cemas, sebab menurut ahli, kanker ini bias dicegah dengan cara sederhana yakni mengubah menu makanan dan memperbanyak jenis makanan seperti yang diuraikan di bawah ini. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan kandungan selenium. Kacang Brazil misalnya, hanya beberapa keeping saja mengandung 140 mcg selenium. Makanan kaya selenium yang lainnya ialah udang, tuna, dan kalkun.
Bawang
Bawang juga bias mengurangi risiko terkena protstat. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menghindari gangguan ini, tambahkan satu sendok makan bawang putih, bawang merah ke dalam makanan setiap hari. Atau ¼ cup atau lebih irisan bawang Bombay atau daun Bawang.
Menurut para ahli, bawang daapt menurunkan risiko dan menghambat perkembangan kanker prostate sampai sebanyak 50 persen. Usahakan di makan mentah karena khasiat pembasmi kanker dari sayuran ini lebih ampuh dimakan mentah. Jadi, tambahkan di dalam salad atau masukkan ke dalam maskan ketika masakan akan di angkat.
Ikan berlemak
Konon, ikan pun sangant ampuh dalam mencegah kanker prostate. Mereka yang makanikan minimal tiga kali sehari mempunyai risiko kanker prostate yang lebih rendah. Asam lemak omega-3, terutama salmon liar dan sardin, dapat menekan pertumbuhan sel-sel tumor.
Sayuran hijau, merah dan buah
Buah-buahan yang merah, tomat dan semangka misalnya, mengandung lycopene, antioksidan yang memberikan warna merah pada buah. Konon lycopene inilah yang bias menekan pertumbuhan kanker prostate tersebut. Brokoli dan kol juga mengandung phytochemicals yang juga mencegah kanker
Teh hijau
Menurut penelitian, pria Jepang memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat daripada pria Barat. Konon penyebabnya adalah karena pria Jepang biasa minum 4 sampai 6 cangkirteh hijau sehari. Oleh karena itu, Anda juga disarankan untuk meminum teh hijau 6 cangkir sehari untuk menghindari kanker prostat.

0 komentar:

Posting Komentar